Friday 27 April 2012

MSQ ( Musabaqah Syarhil Quran)


Bahaya Pergaulan Bebas
Assalamu’alaikum Wr.Wb,
اَلْحَمْدُاللهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ. وَبِهِيْنَ الشْتَعِيْنُ عَلَٓ عُمُرِدُّنْيَوَدِّيْنَ. وَالصَّلٰتُ وَالسَّلٰمُ اَلآ اَ لشْرَفِلْ اَمْبٰيٰإِ وَالْمُرْسَلِيْنَ. شَيْدِنَ مُحَمَّدٍ وَعَلٰاَلِهِ وَاَشْحَبِهِ اَجْمَعِيْنَ. عَمَّبَعْدُ. قَلَ اللّٰهُ تَعَلَ فِالْقُرْاٰنِ الْكَرِيْمِ. اَعُضُبِ اللّٰهِ مِنَ الشَّيْطَٓنِ الرَّ جِيْمِ. بِسْمِ اللّٰهِ الرَّ حْمٰنِ الرَّحِيْمِ. وَلَآتَقْرَ بُوا الزِّنٰٓى اِنَّهُ كَا نَ فَا حِشَتً ؕ وَسَآءَسَبِيْلًا
            Dewan juri yang kami hormati! Handai Taulanku, peserta Musabaqah Syahril Qur’an yang kami sayangi, serta hadirin wal hadirat yang dimuliakan oleh Allah.
            Tiada pujian yang pantas kita panjatkan selain pada Allah SWT yang telah menggerak getarkan jiwa dan raga, sehingga pada kesempatan kali ini kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengikuti musyabaqah syarhil qur’an dengan sehat walafiat tanpa kekurangan untuk suatu apapun.
            Syalawat dan salam semoga selalu tercurah pada junjungan kita Baginda Rasullullah SAW , beserta keluarga tabiit tabiin, dan insyaallah kita sebagai umat beliau yang beruntung sampai akhir zaman. Amiin.
            Perkenankanlah kami menyampaikan syarahan dengan judul :
“Bahaya Pergaulan Bebas”.
Ma’syiral muslimin rahimakumullah,
            Apa itu masa remaja?
            Masa remaja adalah masa penuh fantasi dalam pencarian sebuah jati diri. Namun, di sanalah para remaja banyak terjebak dalam pergaulan bebas.
            Secara mendasar, kebebasan tidak dapat diartikan bebas secara mutlak tanpa ada butir-butir aturan yang menjaga jarak antara mereka. Disadari atau tidak kita harus menjaga jarak dalam pergaulan, terutama pergaulan lain jenis.
            Sangat tragis, ternyata pergaulan bebas tidak hanya sebatas bergaul melainkan terkadang mendorong untuk melakukan hal-hal yang lebih tidak disukai agama yakni perzinahan antara kaum Adam dan Hawa.
            Secara global dapat dikatakan bahwa setiap laki-laki memiliki naluri kuat untuk condong kepada perempuan, begitu juga sebaliknya. Apabila terjadi pergaulan bebas maka akan timbul dampak negatif karena nafsu manusia cenderung mengajak kepada keburukan dan hawa nafsu cenderung membabi buta dan syaithan selalu menjadi oknum ketiga dalam perbuatan keji dan munkar.
Sebagaimana Allah berfirman dalam Qur’an surat An-Nur 30 berikut          :
قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ ٣٠
“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.
            Inilah peringatan Allah bahwasanya perzinahan berawal dari sebuah tatapan mata, lalu pendengaran, pembicaraan, rabaan tangan, ayunan kaki yang akan menjadi pintu efektif menuju lembah perzinahan.
            Mari kita lihat! Potret remaja kini  sungguh memprihatinkan.  Pergaulan bebas memang sudah dominan di negara Barat, homo, lesbi sudah menjadi bagian dari kultur mereka. Dan tidak asing lagi dimata kita, jika kasus  aborsi juga kian meningkat.
Tapi bagaimana jika remaja kita mengekspos semua kultur yang sangat bertentangn dengan syariat islam tersebut?
Sebagai contoh lihat saja lah, kasus membomingnya gaya berpacaran ala remaja Indonesia
            Ulama memandang, bahwa pacaran ala barat adalah kedhaliman, mengundang fitnah, bahkan tergolong naif. Mau tidak mau, orang yang berpacaran sedikit demi sedikit akan terkikis peresapan ke-Islam-an dalam hatinya, bahkan bisa mengakibatkan kehancuran moral dan akhlak. Na’udzubillah min dzalik !
Sering kita bertanya. Gimana sich sebenernya pacaran itu, enak ngga' ya? Bahaya ngga' ya ? Dosa ga ya?  Memang, memiliki rasa cinta adalah fitrah.

Ketika hati udah terkena panah asmara, terjangkit virus cinta, akibatnya...... dahsyat man...... yang diinget cuma si dia, pengen selalu berdua, akan makan inget si dia, waktu tidur mimpi si dia, sholat pun keinget si dia. Konon ceritanya orang yang lagi fall in love itu rela ngorbanin apa aja demi cinta, rela ngelakuin apa aja demi cinta, semua dilakukan agar si dia tambah cinta. Sampe' akhirnya....... pacaran yuk. Yang gawat lagi, karena pengen bukti'in cinta, bisa buat perut buncit . Karena cinta diputusin bisa minum baygon. Karena cinta ditolak .... dukun pun ikut bertindak. Frustasi mati gantung diri Innalilahi wainnailaihi raji’un. Apa lagi ini kalau bukan Zina akibat pergaulan bebas?

Pergaulan bebas juga tidak dapat lepas dari NARKOBA...
Putus Cinta lari ke Narkoba
Banyak hutang lari ke Narkoba
Banyak masalah lari ke Narkoba
Ga pake Narkoba, Ga gaul lo?
Narkoba bukan  superhero, bukan Tuhan yang bisa menjadi jalan solusi suatu masalah. Nah, dengan demikian, tambah lagi dosa....
            Allah telah menjanjikan suatu kebaikan apabila kita bisa menahan diri kita dari segala perbuatan maksiat yang didasarkan nafsu. Sebagaimana firman Allah dalam Qur’an surah Al-Maidah ayat 9 berikut           :
Al-Maaidah: 9
“Allah telah menjanjikan ampunan dan pahala yang besar, bagi orang yang beriman dan mengerjakan pekerjaan yang baik”.
Hadirin yang rahimakumullah,
            Marilah kita saling mengingatkan baik hadirin sekalian terutama diri kami sendiri, kita bekali diri kita dengan iman dan taqwa yang kuat, agar kita terhindar dari segala efek negatif dari pergaulan bebas.
Kami yakin seyakin-yakinnya, dari hal yang terkecil, dari diri sendiri, dan dari sekarang juga, kita dapat buktikan bahwa kita generasi muda penerus bangsa yang dapat diandalkan.
Sebelum Syarahan pada kali ini kami tutup, perkenankanlah kami mempersembahkan pesan sebuah lagu :
Jagalah hati, jangan kau nodai
Jagalah hati lentera hidup ini
Jagalah hati, jangan kau kotori
Jagalah hati cahaya Ilahi
Bila hati kian bersih, pikiran pun akan jernih
Semangat hidup menggigih, prestasi mudah diraih
Namun bila hati keruh, batin selalu gemuruh
Akhlak kian terpuruk, dengan Allah kian jauh
Sekian yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf apabila selama kami menyampaikan uraian di atas banyak kesalahan dan kekurangan karena sesungguhnya kesempurnaan hanyalah milik Allah semata.
Wassalamu’alaikumWr.Wb








1 comment:

  1. mohon maaf tolong koreksi tulisan pembukaan bahasa arabnya... mohon dikoreksi yang lebih tepat lagi

    ReplyDelete